I made this widget at MyFlashFetish.com.


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Monday, October 29, 2012

konstruksi

Pernahkah anda melihat pesawat terbang? kapal laut? mobil? motor?
Tahukah anda bahwa semua benda itu dibuat dengan menggunakan perhitungan?
Sebagai mahasiswa perkapalan maka yang saya ketahui adalah aturan-aturan yang dibuat sedemikian rupa sehingga kapal laut dibuat sesuai aturan tersebut.

Lalu kenapa aturan-aturan tersebut diciptakan? berdasarkan pengalaman dan perhitungan tertentu aturan itu dibuat untuk keamanan kapal tersebut. Konstruksi kapal sangatlah vital, kuat dan tidaknya kapal, stabil dan tidaknya kapal, efisien dan tidaknya kapal, serta memungkinkannya atau tidak bagi suatu kapal untuk diinspeksi dan diperbaiki, semua itu tergantung pada konstruksinya. Kawan, ini adalah ciptaan manusia, dan manusia memberi aturan yang sebegitu ketatnya demi kebaikan kapal itu sendiri.

Bagaimana Allah SWT menciptakan manusia? pasti telah ada standarnya! ya! pasti! konstruksi jiwa dan raga, fikiran dan perasaan, otak dan hati, pasti telah ada perhitungannya, dan pasti sangat cermat! sesuai dengan fungsi kita sebagai khalifah di muka bumi. Hanya saja, suatu konstruksi pasti perlu servis rutin, bila ada kerusakan pasti perlu perbaikan juga. Kapal yang platnya sudah tipis, secara mekanika akan menjadi lebih rentan dan memungkinkan platnya tidak mampu menanggung gaya baik external maupun internal, hingga dapat terjadi kebocoran. Kalau sudah bocor siapa yang repot? pemilik kapal kan? bocor masih mungkin diperbaiki, bila karam? habis perkara! Nah begitupun manusia, pasti perlu diservis, diperbarui, bahkan diupgrade. Allah pasti telah menetapkan caranya, yang saya yakini Islam adalah Institusinya, dan ibadah yang ada di dalamnya adalah bentuk paket servis yang harus kita jalani demi kebaikan kita sendiri. Kalau kita "rusak" yang rugi siapa? ya diri kita sendiri kan?

Nah kawan, kalian pasti tahu bahwa Allah adalah yang menciptakan alam semesta dan pastinya dengan perhitungan juga, sesuai janji Allah, Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan ummatnya, jadi saya asumsikan tidak ada rasa sakit yang terlalu berat untuk ditanggung, konstruksi kita telah dihitung sedemikian rupa, begitupun "test" yang harus dijalani, dan tidak ada harga yang terlalu mahal untuk membayar biaya servis, karena bila kita rusak tamatlah riwayat kita.

No comments:

Post a Comment